teknik pernafasan kesehatan kateda

nafas dalam

      Teknik nafas dalam pada Kateda, atau dalam olahraga sering disebut pernafasan perut adalah teknik dasar pelatihan Kateda. Latihan ini diberikan untuk merasakan kemampuan level energi yang bersifat naluri dari dalam tubuh .Pengetahuan ini berguna dalam membatasi energi tubuh dan pikiran  sehingga tidak berlebihan dan juga memelihara perasaan sedikit segar. Berikut idkateda akan mengulas step by step teknik nafas dalam serta manfaatnya bagi tubuh dan fikiran.

  1. Posisi duduk Kateda, yaitu duduk bersila dengan punggung diluruskan. terlihat dari kepala sampai pinggang dalam posisi lurus.
  2. Perut ditarik kedalam, tidak digembungkan. lihat panah 1 pada gambar.
  3. Jika kamu ingin merasakan relaksasi, pejamkan mata kamu. jika ingin konsentrasi, buka matamu, dan lihat 1 titik didepan.
  4. Tanik nafas secara perlahan dengan hidung sepanjang 7 ketukan atau sering disebut 7 detik.
  5. Tahan nafas satu detik.
  6. Lalu buang nafas secara perlahan melalui hidung sepanjang 7 ketukan atau 7 detik juga dengan perut tetap dalam posisi ditarik kedalam.
  7. Lakukan siklus pernafasan ini berulang-ulang.
  8. Rasakan dalam fikiran kamu, nafas ditarik atau dimulai dari perut sampai ke otak (selama 7 detik) tahan diotak 1 detik -> lalu buang nafas selama 7 detik melewati kepala belakang->sumsum tulang belakang -> kembali keperut dan seterusnya. (Lihat panah no. 2 pada gambar diatas). Jadi siklus pernafasan terus berputar. 

Manfaat Pernafasan Kateda untuk tubuh dan fikiran

 > Tubuh dan fikiranmu akan menjadi rileks

     Tentu, dengan menerapkan teknik pernafasan seperti ini, fikiran dan tubuhmu akan semakin rileks. aliran eergi melalui pernafasan dengan siklus yang teratur ditambah dengan tingkat konsentrasimu yang tenang menyebabkan fikiranmu menjadi rileks dan peredaran darah menjadi lancar.

> Tubuhkan akan semakin sehat

chi      Dalam Kateda, ada 64 titik energi didalam tubuh. energi-energi itu bisa kamu bangkitkan dengan menggunakan teknik nafas dalam, tentunya dengan konsentrasi yang tinggi. fungsi dari 64 titik energi ini sendiri adalah untuk kekebalan tubuh dari serangan penyakit. untuk menyembuhkan penyakit yang ada pada tubuh. dan sangat mungkin kita mengalirkan energi ini untuk penyembuhan bagi orang lain.

Sekian tulisan mengenai teknik pernafasan pada Kateda, semoga bermanfaat. 🙂

Bagikan saja, itu tidak berat